Jumat, 11 Oktober 2013

Adobe

ADOBE

Adobe System Inc. merupakan salah satu pemimpin dalam bidang digital marketing dan digital media solution yang terkemuka di dunia. Layanan yang ditawarkan dapat memungkinkan para pelanggan untuk menciptakan konten-konten digital, media dan perangkat yang inovatif.

Adobe yang berperan sebagai sebuah produsen perangkat lunak komputer ini berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Sejak didirikan pada bulan Desember 1982 oleh salah satu tokoh Xerox PARC, John Warnock dan Charles Geschke. Nama perusahaan sendiri terinspirasi dari nama sungai kecil yang mengalir di belakang rumah kedua pendiri yang bernama Adobe Creek yang berada di Los Altos, California.

Dalam perkembangan Adobe, pada Desember 2005, perusahaan telah mengakuisisi pesaing-nya yakni Macromedia. Dengan proses akuisisi tersebut, perusahaan mampu menambah beberapa produk perangkat lunak dan platform baru, seperti ColdFusion, Dreamweaver, Flash dan Flex.

Produk pertama Adobe adalah PostScript yang telah dikembangkan dan mulai didistribusikan setelah pendiri-nya keluar dari Xerox PARC. Namun pada tahun 1985, Apple Computer mengambil alih lisensi PostScript untuk digunakan pada printer LaserWriter. Setelah PostScript, produk berikutnya adalah digital font yang dirilis dalam format yang diberi nama Type 1. Tak mau kalah, Apple kemudian mengembangkan saingannya yang diberi nama TrueType. Dalam TrueType menyediakan skala penuh dan kontrol yang tepat dari pola pixel yang dibuat oleh garis font yang kemudian diambil alih oleh Microsoft.

Guna menyaingi produk tersebut, Adobe kemudian meluncurkan spesifikasi baru yang berlabel Adobe Type Manager. Adobe Type Manager merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan skala WYSIWYG dari font Type 1 pada layar,seperti TrueType, meskipun tanpa perlu mengontrol tingkat presisi pixel. Namun Adobe terlalu terlambat untuk menyaingi TrueType.

Pada pertengahan tahun 1980-an, Adobe memasuki pasar perangkat lunak konsumen dengan meluncurkan Adobe Illustrator. Perangkat lunak ini merupakan sebuah program gambar yang berbasis vektor untuk Apple Macintosh. Tidak seperti MacDraw yang merupakan standar vektor Macinthosh, Illustrator dikembangkan dengan lebih fleksibel menggunakan kurva Bezier. Dengan ini dapat memberikan akurasi yang belum pernah tercapai pada program sebelumnya.

Pada tahun 1989, Adobe memperkenalkan produk yang menjadi andalannya yang kemudian dikenal dengan Photoshop. Program ini merupakan program editing grafis untuk Machintosh dengan fitur yang stabil. Dalam peluncurannya, Photoshop nyatanya dapat mendominasi di pasaran.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1993, Adobe mulai memperkenalkan  Portable Document Format atau lebih dikenal dengan PDF, dan Adobe Acrobat and Reader software. Hingga sekarang PDF menjadi standar internasional sehingga mendapatkan ISO 32000-1:2008. Teknologi ini kemudian diadopsi di seluruh dunia sebagai media umum untuk dokumen elektronik. Hal yang menjadi kontroversi saat Adobe melakukan kesalahan pada platform Macinthos. Adobe mengalami kegagalan dalam mengembangkan program desktop publishing (DTP). Namun, Adobe mulai melangkah dengan merilis InDesign. Beberapa tahun kemudian, Adobe dan Microsoft mulai menjalin kerjasama dengan meluncurkan format font yang diberi nama OpenType di tahun 1996.

Adobe selalu membuat langkah-langkah yang inovatif dengan meluncurkan beberapa program yang terdepan. Pada bulan Desember 1991, Adobe merilis Adobe Premiere yang diluncurkan kembali dengan Adobe Premiere Pro pada tahun 2003. Guna mengembangkan industri-nya, Adobe menjalin kerjasama dengan Aldus. Dengan terjalin kemitraan antara kedua pengembang perangkat lunak ini, Adobe kemudian menambahkan  Adobe PageMaker dan Adobe After Effects untuk mengontrol formal file TIFF.

Di tahun-tahun selanjutnya, Adobe terus menambahkan program-program seperti Adobe FrameMake di tahun 1995 untuk aplikasi DTP, Adobe InCopy di tahun 1999 sebagai pesaing QuarkCopyDesk dan beberapa program-program lainnya yang membantu kegiatan digital para pengguna hingga saat ini.

Daftar di bawah adalah produk-produk yang masih diproduksi, sedangkan produk yang tidak diproduksi lagi seperti contohnya Adobe PhotoDeluxe tidak disertakan.

  • ·        Adobe Acrobat 3D
  • ·        Adobe Acrobat Capture
  • ·        Adobe Acrobat Connect
  • ·        Adobe Acrobat family
  • ·        Adobe After Effects
  • ·        Adobe AIR
  • ·        Adobe Audition
  • ·        Adobe Authorware
  • ·        Adobe Bridge
  • ·        Adobe Captivate
  • ·        Adobe ColdFusion
  • ·        Adobe Connect
  • ·        Adobe Contribute Publishing Server
  • ·        Adobe Contribute
  • ·        Adobe Creative Suite
  • ·        Adobe Dreamweaver
  • ·        Adobe Director
  • ·        Adobe Encore
  • ·        Adobe Fireworks
  • ·        Adobe Flash
  • ·        Adobe Flash Lite
  • ·        Adobe Flash Media Encoder
  • ·        Adobe Flash Media Server
  • ·        Adobe Flash Player
  • ·        Adobe Flash Player for Pocket PC
  • ·        Adobe Flash Paper
  • ·        Adobe Flash Professional
  • ·        Adobe Flash Remoting
  • ·        Adobe Video Streaming Service
  • ·        Adobe Flex
  • ·        Adobe FrameMaker
  • ·        Adobe FrameMaker Server
  • ·        Adobe FreeHand
  • ·        Adobe Graphics Server
  • ·        Adobe Illustrator
  • ·        Adobe InCopy
  • ·        Adobe InDesign
  • ·        Adobe InDesign Server
  • ·        Adobe JRun
  • ·        Adobe LiveCycle Enterprise Suite
  • ·        Adobe PageMaker
  • ·        Adobe OnLocation
  • ·        Adobe PDF JobReady
  • ·        Adobe PDF Print Engine
  • ·        Adobe Photoshop
  • ·        Adobe Photoshop Elements
  • ·        Adobe Photoshop Lightroom
  • ·        Adobe PostScript
  • ·        Adobe Premiere Elements
  • ·        Adobe Premiere Express
  • ·        Adobe Premiere Pro
  • ·        Adobe Presenter
  • ·        Adobe Reader
  • ·        Adobe Reader LE
  • ·        Adobe RoboHelp
  • ·        Adobe Scene 7
  • ·        Adobe Shockwave Player
  • ·        Adobe Soundbooth
  • ·        Adobe Ultra
  • ·        Adobe Version Cue
  • ·        Adobe Visual Communicator
  • ·        Macromedia HomeSite





source:

Kamis, 03 Januari 2013

Metamaterial Yang Eksotis




        Metamaterials mengungkapkan beberapa properti yang paling menarik yang pernah dilihat pada bahan dan akan memiliki potensi untuk mengubah industri dengan cara yang mendasar. Aplikasi bisa sangat luas mulai dari ilmu pengetahuan, komunikasi, dan bahkan bidang seni.
            Metamaterials adalah bahan buatan rekayasa teknologi manusia yang memiliki struktur geometris yang dibangun dari bahan mikroskopis yang dapat direkayasa. Tujuannya adalah agar bahan baru tersebut dapat mengarahkan cahaya, suara, dan (gelombang lainnya) dengan cara yang bermanfaat.

Metamaterial Tembus Pandang
            Seorang ahli bahan dapat menggunakan geometri, ukuran dan susunan struktur material untuk menciptakan efek yang berbeda dari aslinya. Salah satu contoh klasik adalah penggunakan array kumparan tembaga untuk jubah tembus pandang pada obyek 2D sehingga ketika disinari dengan frekuensi tertentu dari gelombang elektro magnetik, seperti Duke University pada tahun 2006, obyek tersebut akan mampu menghilang dari pandangan manusia.
Masalah dengan perangkat Universitas Duke 2006 adalah bahwa ia hanya bekerja untuk benda 2D dan di satu frekuensi tunggal microwave.
            Jika kita ingin membuat sesuatu yang kasat mata, kita perlu untuk membuatnya bekerja:
1. dalam spektrum terlihat,
2. di pita lebar cahaya tampak,
3. untuk objects 3D
            Dan pada tahun 2012, teknolog sekarang telah dapat menciptakan jubah microwave untuk bentuk obyek dasar 3D. Para ahli juga telah mampu membuatnya bekerja pada pita lebar (yaitu tidak hanya satu frekuensi tunggal tetapi di berbagai frekuensi). Saat ini juga tengah diujicoba metamaterial pertama yang akan dapat beroperasi di spektrum cahaya terlihat menggunakan tebal 15 sampai 35 nanometer lapisan perak dan silsesquioxane hidrogen (sejenis kaca).
            Ini membutuhkan mungkin 5 tahun sebelum kita bisa mencapai karakteristik pita lebar, 3D, spektrum visual pada metamaterial yang akan dapat dipakai pada benda normal dan mata manusia.  Dan kemudian 5 tahun lagi untuk mencari tahu bagaimana skala manufaktur untuk objek skala besar. Salah satu idenya adalah dengan menggunakan bio teknologi sintetis untuk menghasilkan bakteri yang mampu mencetak lapisan nanometer ke permukaan bahan untuk memberikan daya tembus terukur dan murah.     

Metamaterial untuk Gelombang Jenis Lainnya
            Metamaterials memperoleh sifat eksotis mereka dengan berinteraksi dengan gelombang dengan cara khusus. Ternyata, anda juga dapat menerapkan konsep yang sama dengan jenis lain dari gelombang menggunakan metamaterials.
            Anda dapat membuat jubah untuk: radar (itu hanya gelombang radio), akustik (menyembunyikan anda dari Sonar), gelombang seismik (yang akan membantu anda memblokir/mengalirkan gelombang gempa yang masuk ke bangunan).
            Yang paling akhirnya, metamaterial memungkinkan kita untuk menyembunyikan objek dari bentuk yang paling dikenal terhadap kemungkinan serangan untuk pertahanan militer (menyembunyikan obyek strategis dan lain-lain). Meskipun demikian metamaterial bukan hanya tentang tembus pandang visual - membuat bangunan anda "tak terlihat", namun juga untuk gelombang gempa agar bisa masuk desain bangunan standar dalam 10 tahun. Cloaking wifi Anda / sel jaringan dari interference dari jaringan lainnya bisa meningkatkan bandwidth jaringan dan mengurangi latency. Sebagian juga bisa untuk cloaking permukaan monitor anda agar dapat mengurangi ketegangan mata dan menghapus refleksi.     

Metamaterial untuk Lensa Super
            Di sinilah yang akan benar-benar menarik, metamaterials juga dapat menghasilkan banyak efek di luar efek cloaking. Tergantung pada, ukuran pengaturan geometri, dan bahan-bahan yang digunakan, adalah mungkin untuk membuat lensa super yang memungkinkan kita untuk melampaui batas difraksi lensa normal.
            Paling minimal: membuat chip lebih kecil melalui lensa resolusi tinggi, mikroskop super, dan atau lensa kamera telepon mobile yang lebih baik. Transfer daya nirkabel yang lebih fokus, pencitraan satelit yang lebih baik, sel surya yang lebih efisien, laser yang lebih fokus dan masih terbuka untuk alat-alat lainnya yang memiliki lensa.
            Namun untuk saat sekarang, teknologi lensa super masih terbatas pada satu frekuensi dan belum ke spektrum cahaya terlihat tapi rintisan ini telah dibuka. Selanjutnya lensa super dapat diterapkan pula pada jenis gelombang lainnya, akustik, seismik dan magnetik misalnya mikrofon yang sangat peka sekaligus aman untuk perangkat mobile.     

Metamaterial untuk bidang Mekanika
            Metamaterial dapat membalikkan index bias cahaya (ilustrasi gambar), namun teknologi terbaru juga mengungkapkan bahwa metamaterial juga dapat digunakan untuk membalikkan sifat-sifat bahan di luar bidang optik (karakter mekaniknya).
            Sebagai contoh, ketika metamaterial kita tekan ke dalam sepotong busa elastis atau balon, normalnya, busa akan tertekuk ke dalam. Namun dengan metamaterial, kita dapat membuat busa menyembul ke arah luar menuju arah gaya datang/melawan tekanan jari kita! Jadi sifat mekanisnya juga terbalik. Ini adalah penemuan terbaru yang dibuat pada tahun 2012. Aplikasi akan sangat luas meliputi: teknologi sneakers/sepatu yang lebih nyaman, casing mobile phone yang lebih baik yang tidak pecah ketika anda menjatuhkannya, roda yang lebih efisien untuk mobil dan pelindung tubuh yang lebih baik (mungkin baju anti peluru yang lebih kuat).     

Antena WIFI yang lebih baik.
            Intelektual Ventures Nathan Myhrvold baru-baru ini menemukan antena metamaterials, yang akan membantu meningkatkan bandwith koneksi internet anda. Masing-masing unsur antena metamaterial dapat disetel untuk mengarahkan gelombang radio. Demikian juga, ini berarti ponsel yang lebih baik karena menghemat energi. Dan di sisi operator ponsel ini berarti membuat transceiving data yang lebih hemat daya.          

  
Membalik Arah Waktu
            Salah satu teori liar yang juga berkembang karena hadirnya metamaterial adalah proses untuk membalik arah waktu. Maksudnya ? Seperti kita ketahui, jika anda menjatuhkan handphone anda dan kemudian pecah berantakan, sedikit  yang bisa anda lakukan. Namun dengan metamaterial, sebuah benda bisa dipasang semacam blue print komponennya (atau semacam DNA teknis). Hal ini memungkinkan rekonstruksi ulang handphone anda ke keadaan semula. Bukan dengan merakit ulang komponennya namun dengan membalik karakteristik bahannya pada level mikroskopis.

Eksperimen Lainnya
Quantum Levitation

            Tarian berikutnya dari metamaterial adalah ketika penemuan lain dari teori bahan akan mengerucut dan mempengaruhi atau saling mempengaruhi. Teori itu datang dari teori Bossen Einstein, yakni ketika suatu bahan didinginkan pada suhu mutlak (sekitar -273 derajad Celcius) akan membuat bahan tersebut mengungkapkan karakteristik asli dari atom-atom penyusunnya. Jadi, di sisi yang lebih eksperimental, metamaterial dapat menciptakan bahan campuran besi yang bisa melayang secara statis (levitasi quantum) yang telah menjadi daya tarik tersendiri karena teori di bidang ini masih belum terpecahkan sepenuhnya (quantum mechanic). Tetapi fenomenanya telah hadir. Aplikasinya? Sistem transportasi yang lebih efisien, mungkin semacam kereta magnet yang lebih cepat dan hemat energi karena tidak dibutuhkan tenaga magnet untuk mengangkatnya.



Kamis, 31 Mei 2012

TIGA CMS POPULER OPEN SOURCE


TIGA CMS POPULER OPEN SOURCE
CMS (Content Managemen System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (colaboration content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar, maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuang memudahkan pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditramformasikan dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, diantararanya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lain yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global. [Teguh Widodo]
Ada tiga  CMS website  yang popular digunakan, yaitu Wordpress, Joomla!, dan Drupal. Ketiganya sama-sama bisa dimanfaatkan oleh orang awam, sekali pun ia tidak mengenali bahasa pemrograman.

Wordpress
Keunggulan:
  •   Cukup mudah dioperasikan.
  •   Sederhana.
  •   Akun gratis wordpress dapat dimiliki dengan mendaftar di WordPress.com.
  •   WordPress juga dapat dijalankan di website milik kita sendiri (tidak seperti Blogspot yang belum bisa). 
  •   WordPress dapat dijalankan di komputer lokal (localhost) atau di komputer tanpa sambungan internet.
  •   Banyak pluggin tambahan.
  •   Template dapat dirubah-rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
  •   Penggunanya kompak.
  •   Mendukung SEF (search engine friendly) secara default, sehingga lebih mudah ditemukan di search engine.



Kelemahan :
  • ·  Fitur managementnya sedikit sehingga sebagian orang menganggap terlalu sederhana.
  •   Jarang digunakan oleh website-website besar di dunia.
  •   Plugginnya tidak sebanyak Joomla, dan terkadang masih lebih bagus pluggin Joomla.


JOOMLA!
Keunggulan :
  • ·   Diklaim sebagai cms open source dengan pengguna terbanyak di dunia.
  • ·   Digunakan oleh website yang sederhana hingga website profesional.
  • ·   Sering update baik dari sisi cms maupun dari pluggin.
  • ·   Mendapat kepercayaan dunia dan beberapa kali menerima penghargaan menjadi cms open source terbaik dunia.
  • ·   Mudah dioperasikan.
  • ·   Dapat dijalankan di komputer lokal.
  • ·   Banyak pluggin tambahan.
  • ·   Template dapat dirubah-rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
  • ·   Banyak pihak pengembang yang terus menambahkan content-content Joomla.


Kelemahan :
  • ·   Defaultnya tidak mendukung SEF, namun ada component pendukungnya baik yang gratis maupun yang bayar, selain itu perlu sedikit optimasi agar mendukung SEF.
  • ·   Terkadang pluggin-pluggin yang didapatkan terdapat bug atau error.
  • ·   Terkadang ada ketidaksesuaian antara cms dan pluggin.



DRUPAL
Keunggulan :
  • ·   Diklaim sebagai cms terbaik saat ini dan mengalahkan Joomla.
  • ·   Digunakan oleh website yang sederhana hingga website professional.
  • ·   Mudah dioperasikan.
  • ·   Dapat dijalankan di komputer lokal.
  • ·   Banyak pluggin tambahan.
  • ·   Template dapat dirubah-rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
  • ·   Mendukung SEF (search engine friendly) secara default, sehingga lebih mudah ditemukan di search engine.

Kelemahan :
  • ·  Penggunanya tidak terlalu banyak, terutama di Indonesia.
  • ·  Plugginnya tidak sebanyak Joomla. 
Video Tutorial: 
Part 1: http://www.youtube.com/watch?v=HT-eY9tz7uo
Part 2: http://www.youtube.com/watch?v=sgDcQuuZanw&feature=youtu.be

Jumat, 30 Maret 2012

PERKEMBANGAN WEBSITE

WEB atau dapat juga disebut website adalah se-
jumlah halaman virtual yang memiliki keterkaitan
yang di dalamnya mengandung unsur-unsur media, seperti
dokumen, gambar, video, dll.
Website biasanya dikendalikan oleh sebuah server yang
dapat diakses dengan internet atau sambungan jaringan
lokal yang biasa dikenal dengan LAN. Website sendiri
diciptakan pada tahun 1990 oleh sikawan CERN Tim
Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ dan online
untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Agustus 1991. Mak-
sud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk
memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi
pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30
April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengu-
mumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh
publik. Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari
perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan
dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan
dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun be-
berapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah
situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke si-
tus web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal
ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang
dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs
web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak be-
gitu jelas. Situs web biasanya ditempatkan pada server
web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan
perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pen-
gaturan nama ranah, serta menangani layanan atas pro-
tokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa
Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau
Internet Information Services (IIS).


II. Web Sederhana
Pada tingkat yang paling sederhana, Web sik terdiri
dari komputer pribadi atau perangkat mobile, perangkat
lunak web browser, koneksi ke penyedia layanan inter-
net, komputer yang disebut server yang host data digital
dan router dan switch yang mengarahkan aliran informasi.
Web kadang-kadang disebut sebagai sistem client-server.
III. Bagaimana Web Bekerja?
Pertama kita memasukkan alamat atau URL dari si-
tus web di browser. Kemudian browser meminta se-
mua le data yang terdiri dari halaman web dari web

server. Server mentransmisikan data melalui Internet ke
computer. Browser web menafsirkan dan merakit data,
menampilkan pada layar komputer. Wesite yang telah
ibuka juga memiliki link ke situs atau website lain. Un-
tuk mengakses Web kita memerlukan browser web, seperti
Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome atau
Safari. Bagaimana browser web dapat membedakan an-
tara halaman web dan jenis-jenis data di Internet? Hala-
man web yang ditulis dalam bahasa komputer yang disebut
Hypertext Markup Language atau HTML.


IV. Web Browser
Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak
untuk mengambil, penyajian, dan melintasi sumber in-
formasi di World Wide Web. Sebuah sumber informasi
diidenti kasi dengan Uniform Resource Identi er (URI)
dan mungkin menjadi halaman web, gambar, video, atau
bagian lain dari konten. [2] Hyperlink hadir dalam sum-
ber daya memungkinkan pengguna dengan mudah un-
tuk menavigasi browser mereka ke sumber daya terkait.
Sebuah web browser juga dapat dide nisikan sebagai
perangkat lunak aplikasi atau program yang dirancang un-
tuk memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengam-
bil dan melihat dokumen dan sumber daya lainnya di In-
ternet. Meskipun browser terutama ditujukan untuk men-
gakses World Wide Web, mereka juga dapat digunakan
untuk mengakses informasi yang diberikan oleh web server
dalam jaringan pribadi atau le dalam le sistem. Web
browser utama adalah Firefox, Google Chrome, Internet
Explorer, Opera, dan Safari.


V. Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
Implementasi pertama dari web merupakan 1,0 Web,
yang, menurut Berners-Lee, dapat dianggap sebagai "read-
only web." Dengan kata lain, web pertama ini memu-
ngkinkan kita untuk mencari informasi dan membacanya.
Hanya sedikit interaksi pengguna atau kontribusi kon-
ten. Namun, ini adalah apa yang pemilik situs web in-
ginkan. Tujuan mereka untuk sebuah situs web adalah
untuk mendirikan sebuah kehadiran online dan membuat
informasi mereka tersedia bagi siapa saja setiap saat.
Lalu, tak lama kemudian muncullah Web 2.0, dengan ke-
mampuan "read-write" web jika kita tetap berpatokan
pada metode Berners-Lee untuk mendeskripsikannya. Ke-
mampuan baru diperkenalkan untuk menyumbangkan kon-
ten dan berinteraksi dengan pengguna web lainnya telah
secara dramatis mengubah lanskap web dalam waktu
singkat. Web 2.0 mempunyai potensi yang lebih dr se-
niornya web 1.0. Sebagai contoh, YouTube dan MySpace,
yang mengandalkan kiriman pengguna.
Dengan memperluas penjelasan Tim Berners-Lee, Web 3.0
akan menjadi sesuatu yang mirip dengan web "read-write-
execute". Namun, sulit untuk membayangkan Web 3.0
dalam bentuk nyata, jadi beberapa orang memprediksi
dua hal yang akan membentuk dasar dari Web 3.0, yaitu
markup semantik dan layanan web. Semantik markup
mengacu pada kesenjangan komunikasi antara pengguna
web dan aplikasi computer. Melalui penggunaan beber-
apa jenis markup semantik, atau format pertukaran data,
data dapat dimasukkan ke dalam bentuk yang tidak hanya
dapat diakses oleh pengguna, tetapi dapat dipahami dan
diinterpretasikan oleh aplikasi perangkat lunak juga.
Sebagai teknologi masa depan, Web 3.0 membutuhkan
kecepatan akses Internet yang memadahi dan spesi kasi
komputer tinggi, hal ini disebabkan karena teknologi ini
secara visual berbasis 3D. Sedangkan seperti biaya akses
Internet dengan kecepatan tinggi di Indonesia masih ter-
bilang mahal bagi masyarakat umum. Belum dengan biaya
spesi kasi perangkat komputer yang dibutuhkan, mungkin
masyarakat Indonesia yang ingin menikmati kecanggihan
layanan berbasis teknologi Web 3.0 masih mengurungkan
niatnya.


VI. Apa yang diharapkan dari Web 3.0
Web 3.0 tidak hanya tentang belanja, pencarian hi-
buran. Ini juga akan memberikan generasi baru aplikasi
bisnis. Jadi ini bukan sesuatu yang menarik bagi mereka
yang bekerja di perusahaan IT.
Layanan API membentuk lapisan dasar. Ini adalah
layanan host baku yang didukung Web 2.0 dan akan
menjadi mesin Web 3.0. Web 3.0 sebagai pasar yang
hampir sempurna , akan muncul dan memeras hampir
semua margin keuntungan.
Layanan agregasi membentuk lapisan tengah. Ini
adalah perantara yang mengambil beberapa kerumitan
dari semua layanan API baku dengan bundling mereka
bersama-sama dengan cara yang bermanfaat. Contoh
jelas saat ini adalah RSS berbagai agregator.
Layanan aplikasi membentuk lapisan atas, dan dengan
ini keuntungan besar akan didapatkan.
VII. Source
http://en.wikipedia.org/wiki/Website
http://www.learnthenet.in/learn-about/how-the-web-
works/
http://www.zdnet.com/blog/saas/what-to-expect-from-
web-30/68

Selasa, 10 Januari 2012

Aplikasi Lokal Pada Android

Jadwal KA

Aplikasi untuk membantu anda yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api.
Aplikasi JadwalKA adalah aplikasi untuk membantu anda yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api. Dalam aplikasi ini anda dapat melihat jadwal kereta api untuk kelas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, dan Wisata dari stasiun awal keberangkatan sampai stasiun tujuan akhir. Selain itu, anda dapat melihat harga tiket atau tarif sesuai dengan kelas kereta api yang anda pilih.
Anda juga dapat memesan tiket kereta api via Call Center PT KAI melalui aplikasi ini, karena aplikasi JadwalKA dapat melakukan panggilan langsung ke nomor Call Center PT KAI.
Alur pengembangan yang akan dilakukan secara bertahap pada versi berikutnya aplikasi JadwalKA yaitu :
- Penambahan jadwal untuk kereta api ekonomi dan lokal.
- Penambahan jenis kereta api dari Sumatera.
- Penambahan stasiun pemberhentian untuk setiap jenis kereta api.
Apa saja hal baru yang ditambahkan pada versi 1.2.1 ini ?
- Pembaruan jadwal kereta api Gajayana 7023 dan Mutiara Selatan 95L.
- Perbaikan bugs pada Scrollview untuk beberapa perangkat Android 2.2 Froyo.
- Perbaikan permission untuk panggilan telepon Call Center dan Stasiun.
Cara penggunaan :
1. Pada halaman utama, geser ke kanan atau ke kiri untuk memilih menu yang ada. Untuk memilih menu, cukup tekan gambar menu tersebut.
2. Untuk melihat jadwal kereta api, pilih menu "Lihat Jadwal", lalu pilih kelas kereta api dan nama stasiun asal pada halaman berikutnya. Setelah memilih, klik tombol "Lihat Jadwal".
3. Pada tampilan Daftar Kereta Api, anda dapat melihat daftar kereta api yang tersedia pada stasiun yang telah anda pilih. Setiap kereta api disertai dengan nomor kereta api dan jam keberangkatan ke stasiun tujuan. Jam keberangkatan adalah angka yang dicetak tebal di sisi sebelah kiri nama kereta api. Untuk melihat jadwal dan tarif kereta api secara detail, cukup tekan gambar panah yang terdapat di samping kanan pada setiap daftar kereta api.
4. Dari halaman jadwal kereta api, anda dapat melihat juga tarif kereta api dengan cara menekan tab "Tarif" pada halaman jadwal kereta api yang bersangkutan. Untuk kembali ke halaman sebelumnya, cukup tekan tombol fisik "Back" di smartphone anda.


Permission Aplikasi :
FULL INTERNET ACCESS : Untuk menampilkan iklan di dalam aplikasi. source














                     Jajan


Temukan tempat Jajan di sekitar anda dengan rekomendasi dari teman maupun orang lain yang telah mencicipi tempat-tempat Jajan di sekitar anda. Dilengkapi dengan Augmented Reality (AR) dan tentunya deteksi lokasi secara otomatis :)

Aplikasi Jajan diperuntukkan semua Android minimal Eclair dengan semua resolusi. Baik menggunakan ponsel ataupun tablet, Jajan akan selalu menjadi teman terbaik untuk rekomendasi tempat makan :)

Jajan dapat anda gunakan di seluruh kota yang telah didukung oleh Urbanesia. Kota-kota yang telah didukung adalah:
- Jakarta
- Bandung
- Surabaya
- Jogjakarta
- Medan
- Bali
source









Wayang Force

Wayang Force adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk membaca majalah, buku, dan koran di tablet anda. Kami memiliki lebih dari 2.000 jenis konten dari penerbit lokal maupun internasional, seperti Gramedia, MRA, Kartini, Gatra, Tempo, SWA, Mizan, Seputar Indonesia, Popular, dan lain-lain.


Untuk membeli majalah, buku, ataupun koran, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu di http://www.wayangforce.com, dan setelah pengguna mendapatkan account-nya, pengguna bisa melakukan top up untuk menambahkan balance ke account-nya.
source






Indonesia Soccer

Indonesia Soccer adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna mendapatkan informasi liga seperti jadwal, skor, dan top skorer. Para pengguna juga dapat berbagi informasi dengan facebook, twitter, dan sosial media lainnya.




Fitur:

1. Jadwal

2. Klasmen

3. Skor

4. Top Skorer

5. Share with Facebook, Twitter, etc.

source